KENALI GIGIMU

Selasa, 06 Maret 2012

Tulisan ini dibuat untuk konsumsi anak-anak

KENALI GIGIMU

Bagian gigi yang dapat kamu lihat disebut mahkota. Lapisan keras berwarna putih yang menyelubungi gigi adalah email. Di bawah tepi gusi terdapat akar yang menahan gigi pada rahang. Kamu tidak dapat melihat akar gigi. Bagian dalam gigi terdiri atas dentin, yaitu jaringan yang menyerupai tulang, dan pulpa. Pulpa adalah ruangan di tengah mahkota dan akar gigi yang berisi serabut syaraf dan pembuluh darah.

Gigi memiliki bentuk yang berbeda-beda, disesuaikan dengan tugasnya masing-masing. Gigi-gigi tersebut adalah :

  • Gigi seri. Ada 8 gigi seri yang terdapat di rongga mulut bagian depan (4 di atas, 4 di bawah). Mahkota gigi seri berbentuk pahat yang tajam untuk memotong makanan.
  • Gigi taring. Ada 4 gigi taring yang mengapit gigi-gigi seri. Gigi taring memiliki tepi yang berujung tajam untuk merobek makanan.
  • Gigi geraham kecil. Ada 4 pasang gigi geraham kecil yang terletak setelah gigi-gigi taring. Gigi geraham kecil berfungsi untuk menghancurkan dan merobek makanan
  • Gigi geraham besar. Ada 12 gigi geraham besar pada rongga mulut bagian belakang. Permukaannya yang besar bermanfaat untuk mengunyah makanan.
Orang dewasa memiliki 32 gigi. Sedangkan anak-anak, tergantung usianya, memiliki jumlah yang lebih sedikit.
Selain untuk mengunyah, gigi geligi menolongmu berbicara dengan jelas. Bentuk lengkung rahang membantumu berbicara. Banyak huruf yang tidak bisa dibunyikan tanpa bantuan gigi.
Gigi-geligi juga menentukan bentuk muka dan penampilanmu. Gigi-geligi yang sehat akan membuatmu terlihat menarik, bersih dan sehat. Dan senyuman selalu membuatmu sangat menarik.

JAWABAN ATAS BEBERAPA PERTANYAAN SEPUTAR GIGIMU

Apakah sikat gigimu sama dengan sikat gigi yang dipakai oleh orang dewasa?

Anak-anak harus menggunakan sikat yang lebih kecil dan permukaan sikat yang lebih pendek sesuai dengan ukuran mulutnya. Banyak anak-anak yang menggunakan sikat gigi terlalu besar sehingga sulit untuk bergerak di dalam mulutnya. Selain itu harus diperhatikan juga untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau ketika bulu-bulu sikat telah rusak. Juga setelah pilek atau radang tenggorokan.

Pasta gigi yang bagaimana yang cocok untuk anak-anak?

Yang kamu perlukan pada pasta gigi adalah fluoride yang menolong memperkuat gigimu dan melindunginya supaya tidak berlubang. Menyikat gigi tidak boleh dilakukan terburu-buru dan caranya harus tepat, karena itu gunakan pasta gigi beraroma yang kamu sukai. Ingat, gunakan pasta gigi hanya sebesar biji jagung.

Kenapa permen dan makanan manis lainnya tidak baik bagi gigi?

Gula pada permukaan gigi berubah menjadi asam dalam waktu 5 menit. Asam ini akan melarutkankan permukaan gigi. Jika hal ini sering terjadi, permukaan gigi akan rusak. Mula-mula, kerusakan gigi akan terlihat bintik putih.
Berapa kali sebaiknya gigi disikat ? Kapan?
Kamu harus menyikat gigimu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Kedua waktu ini adalah waktu yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Sikat gigi tambahan diperlukan bila kamu habis makan makanan yang lengket dan mengandung gula.

Kapan gigi susu mulai tanggal? Dan berapa lama waktu yang diperlukan sampai seluruh gigi dewasa tumbuh semua?
Gigi susu akan mulai tanggal pada usia 5 sampai 7 tahun, biasanya dimulai pada 2 gigi depan bawah. Secara bertahap, gigi-gigi susu akan digantikan oleh gigi dewasa sampai munculnya gigi geraham kedua yang akan muncul pada usia 12 sampai 13 tahun. Banyak orang masih mempunyai gigi geraham ketiga, biasa disebut gigi bungsu, yang akan muncul setelah usia 16.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
Situs Resmi DPC PPGI Kabupaten Purworejo